Skip to content

Arti Nama

October 10, 2011

Arief dapat diartikan juga sebagai Kebijaksanaan (五智如来; Wǔzhì Rúlái), Lima Buddha Agung dan Lima Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebasJinas (Sansekerta yang berarti “penakluk” atau “kemenangan”), merupakan perumpamaan dari lima kualitas Buddha. Istilah Buddha-Kebijaksanaan (Inggris: “dhyani-buddha”) pertama kali di catat dalam Bahasa Inggris oleh seorang berkewarganegaraan Britania Raya yang menetap di Nepal, Brian Hodgson,[1] pada awal abad ke-sembilanbelas, dan tidak tertera dalam sumber-sumber utama tradisional lainnya. Kelima buddha tersebut merupakan subyek yang seringkali ditemukan dalam beragam mandala dari buddhisme Vajrayana. Kelima Buddha tersebut merupakan subyek utama dari penyembahan dan meditasi dalam Buddhisme Shingon, sebuah sekte Buddhisme Vajrayana yang didirikan di Jepang oleh Kukai.

Asal-usul

Lima Buddha Kebijaksanaan merupakan pengembangan selanjutnya, berdasarkan elaborasi Yogācāra mengenai konsep akanjñāna para Buddha, akan teori Trikaya (Bahasa Sansekerta Tri berarti “tiga”, kaya berarti “tubuh), sebagai sumper tiga “tubuh” Buddha. Buddha-buddha Kebijaksanaan merupakan aspek keseluruhan akan dharmakaya atau tubuh-kenyataan, yang mana mewujudkan prinsip akan pencerahan. Pada awalnya dua buddha tampak mewakili kebijaksanaan dan kasih sayang – mereka adalah, secara berurutan Akṣobhya dan Amitābha. Perbedaan selanjutnya mewujudkan aspek akan kekuatan, atau kegiatan, dan aspek akan keindahan, atau kekayaan spiritual. Dalam Sutra of Golden Light (sebuah sutra Mahayana awal), tokoh-tokoh tersebut diberi nama Dundubishvara, dan Ratnaketu, tetap sejalan dengan waktu nama mereka berubah menjadi Amoghasiddhidan Ratnasaṃbhava. Figur yang berada di pusat menjadi dinamakan Vairocana

Ketika buddha-buddha ini dilukiskan dalam mandala, mereka tidak selalu memiliki warna yang sama atau dihubungkan dengan arah yang sama. Pada umumnya, Akṣobhya dan Vairocana dapat ditukarkan. Ketika dipertunjukkan dalam mandala Vairocana, Buddha-buddha tersebut disusun demikian:

Akṣobhya
(avolakiteshvara)(timur)
Amoghasiddhi(utara) Vairocana(dewa utama/ meditator) Ratnasaṃbhava(selatan)
Amitābha(barat)
Advertisements

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: